real time web analytics
Dulor Nggak Perlu Banyak Mikir Yang Penting Action Aja Dulu

Cara Mengatasi IMEI Tidak Valid dan Penyebabnya

cara mengatasi imei tidak valid

Cara mengatasi IMEI tidak valid merupakan topik yang cukup banyak dicari oleh para pengguna ponsel di Indonesia. Terlebih untuk kasus-kasus akibat kesalahan servis yang menyebabkan nomor IMEI hilang dan tidak valid lagi. Hal ini biasa terjadi pada mereka yang mencoba memperbaiki ponselnya sendiri tanpa pedoman yang lengkap.

IMEI sendiri merupakan nomor identitas yang sangat penting. Sebuah alat komunikasi yang telah diproduksi dan diedarkan di pasar harus dilengkapi dengan nomor identitas, yaitu nomor IMEI. Jika nomor tersebut tidak terdaftar atau diblokir, maka pengguna perangkat dengan nomor IMEI tersebut tidak dapat menggunakan jaringan serta melakukan panggilan telepon.

Penyebab Utama serta Cara Mengatasi IMEI Tidak Valid pada Android

Mendapati kasus invalid IMEI bukanlah hal yang langka. Masalah ini cukup sering muncul dan dikeluhkan oleh pengguna smartphone di Indonesia. Jika ini terjadi, ponsel yang digunakan tidak akan bisa melakukan panggilan atau sekadar mengecek pulsa.

Penyebab utama IMEI tidak valid biasanya karena dua kemungkinan, yaitu:

1. Nvram.bin Terformat

Nvram bin Terformat

Saat melakukan proses flashing menggunakan SP Flash Tool, hal yang mungkin saja terjadi adalah ikut terformatnya partisi nvram.bin. Partisi ini sangat penting untuk menyimpan informasi yang berkaitan tentang IMEI. Inilah yang menyebabkan Android dengan chipset Mediatek cukup rawan mengalami nomor IMEI yang invalid atau hilang.

2. Terjadi Corrupt pada Partisi Secro

Terjadi Corrupt Pada Partisi Secro

Jika partisi secro mengalami corrupt, permasalahan bisa terjadi pada sinyal GSM yang akan menampilkan kata invalid di layar. Hal itu lantaran device tidak dapat menemukan informasi terkait IMEI di perangkat tersebut. Ini terjadi karena proses flashing yang tidak didesain oleh smartphone yang bersangkutan.

Baca Juga:  Cara Download & Install Call Of Duty Mobile di Android

Jika berukuran lebih besar dari partisi yang seharusnya, flashing CWM/TWRP yang dilakukan dapat menimpa partisi secro, yaitu partisi yang ada setelah recovery. Padahal, partisi inilah yang memuat informasi yang dibutuhkan IMEI dari nvram.bin.

Gejala lain yang juga muncul jika IMEI tidak valid yaitu ketika Anda mencoba untuk menambahkan IMEI secara manual melalui MST atau tools lainnya, maka akan Anda dapati tulisan error pttycmd1 device not Found.

Cara Mengatasi IMEI Tidak Valid Tanpa Root

Jika permasalahan di atas juga Anda alami, maka cara mengatasi IMEI tidak valid tersebut bisa dilakukan dengan beberapa langkah tanpa harus root. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti dan terapkan:

  • Sebenarnya, jika jaringan normal Anda bisa menggunakan kode dial *#*#3646633#*#*. Akan tetapi, jika cara itu tidak bisa dilakukan, silahkan menggunakan aplikasi MTK Engineering Mode.

Sebenarnya, jika jaringan normal Anda bisa menggunakan kode dial

  • Setelah itu, pilih menu pengaturan MTK ataupun aplikasi lain yang dapat mengakses opsi “Connectivity”.

Setelah itu, pilih menu pengaturan MTK ataupun aplikasi lain yang dapat mengakses opsi

  • Selanjutnya, pilih menu CDS Information”.
  • Lalu pilih kembali “Radio Information” dan pilih Phone 1”.

Lalu pilih kembali Radio Information dan pilih Phone 1

  • Setelah langkah di atas Anda lakukan, ada beberapa tampilan baru yang akan muncul. Anda bisa memilih opsi AT+” dan pilih AT+EGMR = 1.7” (isikan dengan nomor IMEI yang akan ditambahkan), lalu tekan Send”.
  • Silahkan kembali ke menu awal lalu pilih Phone 20”. Lakukan pengaturan seperti halnya pada Phone 1. Namun Anda harus memilih nilai/angka yang lain dari sebelumnya 1.7 menjadi 1.10.
  • Selanjutnya, silahkan restart smartphone Anda.
  • Saat smartphone sudah menyala kembali, seharusnya jaringan di smartphone Anda sudah muncul dan berfungsi.
  • Anda juga bisa melihat berbagai informasi perihal IMEI dengan melakukan panggilan dengan kode *#606#.
Baca Juga:  Cara Ganti Nama FF (Free Fire) Tanpa Diamond

Anda juga bisa melihat berbagai informasi perihal IMEI dengan melakukan panggilan dengan kode

Jika cara di atas gagal, Anda bisa coba memberikan spasi tepat sebelum mengetikkan tanda plus (+) pada bagian AT +. Biasanya masalah ini dialami oleh banyak pengguna, namun setelah cara ini dilakukan masalah bisa diatasi dengan baik.

IMEI yang invalid atau hilang merupakan permasalahan yang cukup serius mengingat smartphone yang kita gunakan bisa tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Apalagi jika tidak bisa digunakan untuk menelpon atau sekedar mengecek pulsa.

Maka dari itu, cara mengatasi IMEI tidak valid di atas bisa Anda coba untuk mengembalikan fungsi IMEI di HP yang bermasalah. Dengan begitu, HP bisa digunakan kembali dan semua fungsinya bisa berjalan normal lagi. Jika cara di atas masih tidak berhasil juga, masih ada banyak cara lain yang bisa dilakukan.

Dulor
Dulor Nggak Perlu Banyak Mikir Yang Penting Action Aja Dulu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *